April 8, 2020

Pengertian Data, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Zochrim – Dalam berbagai hal, data merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Karena dengan data tersebut Anda bisa memperoleh banyak informasi. Misalnya jika Anda ingin mengetahui jumlah penduduk di suatu daerah, maka Anda perlu mendapatkan data yang benar-benar valid. Akan tetapi apa sebenarnya pengertian data? Simak ulasan berikut untuk menambah wawasan Anda seputar data.

 

Apa Pengertian data?

pengertian data

 

Ketika ingin mengetahui suatu informasi tentu beberapa hal perlu disiapkan dengan baik. Apalagi jika Anda seorang jurnalis yang berkutat pada data. Maka dari itu, data sangat diperlukan agar berita yang disampaikan akurat dan terpercaya. Hal ini merupakan salah satu bagian penting dari berita karena dengan data Anda bisa menyampaikan informasi dengan baik dan benar pada masyarakat.

Informasi juga bagian dari data. Karena pada dasarnya data berisi informasi dalam bebagai bentuk yang didapatkan dari hasil pengamatan atau pencarian pada suatu sumber. Data sendiri terdiri dari beberapa bentuk. Ada yang berbentuk kata-kata, simbol, gambar, dan lain sebagainya. Dengan data Anda bisa membuat suatu fakta maupun anggapan tentang suatu hal tertentu.

Data jika ditinjau dari segi etimologis berasal dari kata ‘Datum’ dengan makna sesuatu yang diberikan. Selain itu, data juga merupakan hasil dari suatu pengamatan pada suatu variabel dengan bentuk yang beragam. Data adalah kumpulan dari informasi maupun keterangan pada suatu hal yang telah diperoleh dari pencarian atau pengamatan pada sumber tertentu.

Istilah data ini dapat dijumpai di berbagai hal seperti pada komputer maupun penelitian. Akan tetapi pada dasarnya setiap kehidupan yang ada di dunia ini memerlukan data. Seperti misalnya untuk mengetahui banyak anak balita di suatu tempat tentu data sangat diperlukan agar informasi yang diperoleh bisa disebarluaskan ke banyak orang dan menjadi informasi umum yang penting.

 

Fungsi dari data

Pengertian data maka sebaiknya Anda juga perlu mengetahui fungsi dari data. Data berfungsi untuk dalam mengambil sebuah keputusan pada suatu masalah yang sedang dihadapi. Misalnya data tentan gizi buruk yang semakin meningkat. Dengan memiliki data Anda akan mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mengurangi gizi buruk ini.

Selain itu, pada sebuah penelitian data berguna untuk membuat sebuah perencanaan. Sehingga tujuan penelitian dapat dicapai. Pada sebuah penelitian, perencanaan sangat perlu dilakukan sebagai suatu acuan. Data juga bisa dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap suatu hal tertentu. Jika dilihat dari fungsinya tentu data memiliki banyak manfaat. Maka dari itu data diperlukan disetiap aspek kehidupan.

 

Jenis – Jenis Data

Data memiliki jenis yang beragam. Karena data memiliki fungsi yang beragam. Baik dari segi teknologi, sosial, ekonomi, budaya, dan lain sebagainya. Jika dilihat dari sifatnya data dibedakan menjadi dua macam yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Untuk mengetahui perbedaan keduanya berikut akan diberikan ulasannya.

  1. Data Kualitatif

Pada data jenis ini, biasa ditemui pada penelitian memakai pendekatan kualitatif. Data dalam jenis ini berbentuk beragam. Seperti pernyataan verbal, simbol, hingga gambar. Pada penelitian kualitatif, data diperoleh dengan cara penggalian secara mendalam pada suatu objek yang diteliti melalui berbagai Teknik pengumpulan data

  1. Data Kualitatif

Pada data jenis ini cenderung pada angka maupun pernyataan terbilang. Pada penelitian jenis kuantitatif, data disajikan dengan memakai bantuan aplikasi pengolah data agar bisa membuat kesimpulan dengan membuat hipotesis yang telah ditentukan.

Ulasan diatas merupakan pengertian data dan fungsi dari data yang mungkin masih belum banyak Anda ketahui. Data sangat diperlukan oleh banyak kalangan tidak terbatas pada seorang peneliti ataupun dunia komputer. Mengingat data memiliki fungsi yang amat beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *